Sehat itu tidak perlu mahal "Selamat datang di blog GOTADA News and info foto-foto"

Cara merawat/mencuci sepeda MTB

Dengan sepeda yang kondisinya baik akan menunjang peforma kita saat bersepeda. Cara merawat sepeda sebenarnya sederhana tapi terkadang kita malas, hal itu yang bisa membuat sepeda cepat rusak nantinya.
Berikut kami rangkum dan bagikan khusus untuk biker bagaimana cara merawat sepeda gunung mtb yang baik dan benar.

1. Cuci sepeda gunung mtb secara rutin
Bagaimana cara mencuci sepeda gunung mtb?. Cucilah sepeda anda setiap setelah anda bersepeda. Sebelum mencuci sepeda lepaskan dulu semua asesoris sepeda yang ada di stang sepeda, yaitu ; lampu sepeda, bel sepeda, spidometer sepeda, dan lain lain.
Apabila anda memnggunakan v brakes maka lepas kabel penghubungnya dengan menekan kedua sisi calipers-nya.
Cara merawat sepeda gunung,tips merawat sepeda gunung,cara merawat sepeda mtb,tips merawat sepeda mtb,mencuci sepeda mtb

2. Membersihkan rantai
Cara membersihkan rantai sepeda sangat mudah dan sederhana, yaitu gunakan kain lap basah dan beri sabun lalu putarkan pedal dengan kainlap tempelkan ke rantai hingga kotoran pada rantai rontok.

3. Membersihkan gir sepeda, pedal sepeda dan bagian penggerak sepeda lainnya
Cara membersihkan gir sepeda sangat praktis. Selanjutnya bersihkan gir sepeda, pedal sepeda dan lengan pedal sepeda dengan menggunaklan sikat dan air sabun, sikat bagian tersembunyi secara merata sampai oli dan kotoran lainnya hilang dan rontok.
membersihkan rantai sepeda mtb,membersihkan gir sepeda mtb,semir sepeda mtb,rem sepeda mtb,roda sepeda mtb

4. Membersihkan bagian bawah dan belakang frame
Cara membersihkan belakang frame sangat sederhana. Gunakanlah air sabun dengan kain lap untuk membersihkan bagian bawah frame, penting untuk lap secara merata keseluruh bagian frame, stang depan, frame belakang dan frame depan.
Bersihkan juga pada bagian penarik rem sepeda dan bagian kabel pemindah gigi sepeda mtb.

5. Membersihkan roda sepeda
Cara membersihkan roda sepeda gampang sekali. Bersihkan bagian roda depan dan roda belakang, lebih teliti pada bagian yang jari-jari dan cakram pada roda sepeda. Gunakan kain lap dan air sabun. Gunakan cairan khusus untuk menghilangkan kotoran yang susah dibersihkan.

6. Kontrol / cek roda sepeda
Tips cara memasang roda sepeda. Anda bisa pesang kembali roda sepeda anda. Saat pemasangan roda sepeda perhatikan dengan teliti klip pengencang roda terpasang dengan baik dan benar agar performa sepeda sepeda anda sempurna.
Tips untuk pemasangan roda belakang sepeda adalah lakukan dengan berhati-hati saat masukkan gir belakang diantara mata rantai kemudian tekan ke bawah hingga dapat masuk kedudukan roda belakang dengna baik.
Cek putaran roda depan dan belakang, jika goyang mungkin jari-jari roda sepeda perlu di stel ulang (service). Bawa sepeda ke bengkel agar jari-jari roda di stel ulang jika anda tidak bisa memperbaikinya sendiri.

7. Cek / kontrol sistem pengereman pada sepeda
Cara mengecek rem sepeda sangat sederhana. Rem merupakan salah satu bagian dari sepeda yang sangat penting, sebab jika rem tidak berfungsi bisa membahayakan rider. Cek rem dengan baik dan teliti, bila sudah aus atau tidak mengerem dengan baik segera ganti kampas remnya. Cek juga minyak rem dan setelan kabel.

8. Beri minyak pelumas
Cara merawat rantai sepeda mudah. Kami sarankan agar jangan gunakan kembali oli bekas sebab tidak baik untuk umur rantai sepeda dan juga bagian lain. Gunakan minyak pelumas khusus yang di beli di toko, bisa gunakan minyak pelumas yang biasa di pakai pada sepeda motor.
Beri minyak pelumas pada rem sepeda, rantai sepeda, sistem penggerak roda, bagian apa saja pada sepeda yang bergerak. Tujuannya agar sepeda anda bisa bermanufer dengan baik di trek mandatar, trek menurun maupun trek tanjakan.

9. Kontrol tekanan ban sepeda
Cara cek tekanan ban sepeda. Penting untuk selalu cek tekanan ban sepeda sebelum di pakai, sebab bila tekanan ban rendah dapat mengakibatkan ban terlipat atau tertusuk benda tajam yang mengakibatkan ban sepeda kempes atau bocor.
Cek tekanan ban di bengkel khusus sepeda, bila kempes segera tambahkan angin.

10. Gunakan pelapis body
Cara merawat cat sepeda. Tahap ini boleh diterapkan tergantung situasi dan kondisi, artinya tidakpun tidak apa-apa. Dengan melapisi body sepeda anda , tentu warna cat sepeda anda akan lebih mengkilat dan awet.

11. Semir ban sepeda Anda
Cara membersihkan ban sepeda. Bila sepeda sudah di cuci, anda masuk ke tahap menyemir ban sepeda anda. Kalau ingin ban sepeda anda terlihat seperti baru lagi, bisa gunakan semir ban sepeda motor.
Nah, mudahkan.. kami yakin goweser bisa dan harus bisa, sebab dengan sepeda yang terawat akan membuat kita nyaman dan aman saat bersepeda. Selain itu, sepeda kita akan awet sehingga umur pemakaiannya akan lama.

dari berbagai media (di ulas kembali oleh Tri Gotada)